Symbol/Company Lookup

Special Articles

1. Seberapa aman Fasilitas AKSes KSEI?

Sebelum diluncurkan, fasilitas ini telah mendapat pemeriksaan yang mendalam dan menyeluruh oleh konsultan independen dengan hasil akhir bahwa Fasilitas AKSes KSEI dinyatakan cukup aman untuk dioperasikan. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa semua risiko telah ditekan ke titik yang terendah dan untuk menghindari terjadinya kekeliruan data saat digunakan oleh investor.

Permohonan akses atas fasilitas AKSes KSEI hanya dapat diajukan oleh investor yang telah dibukakan Sub Rekening Efek si KSEI

2. Apakah Fasilitas AKSes KSEI ini diwajibkan?

Semua investor yang telah dibukakan Sub Rekening Efek di KSEI berhak mendapatkan akses atas Fasilitas AKSes KSEI melalui Perusahaan Efek atau Bank Kustodian dimana investor terdaftar menjadi nasabah. Berdasarkan surat Bapepam-LK No.: S-4882/BL/2009 tanggal 8 Juni 2009, Perusahaan Efek atau Bank Kustodian harus memenuhi permohonan investor untuk memperoleh Fasilitas AKSes KSEI. Investor yang telah terdaftar akan memperoleh Kartu AKSes yang berisi informasi yang diperlukan untuk mengakses website Fasilitas AKSes KSEI dan juga nomor identitas investor (Investor ID).

Investor ID akan menjadi Identitas Tunggal (Single ID) bagi investor dalam seluruh aktivitas di pasar modal Indonesia, mulai dari transaksi hingga penyelesaiannya.

3. Bagaimana cara memiliki akses Fasilitas AKSes KSEI?

  1. Ketik link http://akses.ksei.co.id pada tampilan Internet Explorer
  2. Klik logo AKSes yang ada dibagian kiri ats atau tulisan Investor Area di bagian kanan atas website.
  3. Klik 'New Investor? Please Give Your Detail' dan isi data investor pada formulir dengan lengkap.
  4. Cetak formulir yang telah di lengkapi tersebut untuk diserahkan kepada Perusahaan Efek atau Bank Kustodian tempat investor menjadi nasabah, berikut bukti identitas diri investor (KTP/NPWP/Paspor).
  5. Setelah melalui proses verifikasi dan validasi data investor, Perusahaan Efek atau Bank Kustodian akan meneruskan permohonan akses Fasilitas AKSes KSEI kepada KSEI.
  6. Berdasarkan permohonan tersebut , KSEI akan menerbitkan Kartu AKSes (AKSes Card) yang memuat Investor ID serta Pin Mailer yang berisi Pin Code kepada investor melalui Perusahaan Efek atau Bank Kustodian.
  7. Dengan menggunakan Investor ID dan Pin Code, investor dapat menggunakan Fasilitas AKSes KSEI melalui internet http://akses.ksei.co.id

4. Bagaimana cara mengakses Fasilitas AKSes KSEI pertama kali?

  1. Ketik link http://akses.ksei.co.id pada tampilan Internet Explorer.
  2. Klik logo AKSes yang ada dibagian kiri atas atau tulisan Investor Area dibagian kanan atas website.
  3. Klik 'Create Your Own User ID for First login' saat pertama kali akses.
  4. Input data berikut:
    1. Nomor Investor ID, terdapat di halaman muka kartu AKSes.
    2. Check digits, terdapat di halaman belakang Kartu AKSes.
    3. Pin Code yang terdapat pada Pin Mailer.
  5. Klik 'Next'.
  6. Input data berikut:
    1. User ID: minimum 8 alphanumerik karakter.
    2. Password: menggunakan pin pad yang terdapat pada layar.
    3. Confirm Password: mengulang Password yang telah di-input.
    4. E-mail: alamat e-mail.
    5. Secret questions: jawab 5 (lima) pertanyaan yang tersedia sesuai dengan pilihan investor.
  7. Klik 'Next'.
  8. Setelah membaca, klik 'I agree with the term and conditions'.
  9. Klik 'Submit'.

Untuk faktor keamanan, investor harus menjaga kerahasiaan password dan menentukan jawaban atas secret questions yang akan muncul secara acak dan harus dijawab setiap saat login ke Fasilitas AKSes KSEI.

5. Apakah Fasilitas AKSes KSEI memungkinkan investor melakukan konsolidasi data Sub Rekening Efek yang dimiliki pada Perusahaan Efek atau Bank Kustodian yang berbeda?

Ya, apabila investor memiliki lebih dari satu Sub Rekening Efek di Perusahaan Efek atau Bank Kustodian yang berbeda, maka investor dapat menghubungkan Investor ID yang telah diperoleh dengan semua Sub Rekening Efek miliknya sehingga tercipta konsolidasi data yang akurat dan real time

 

Melalui akses Fasilitas AKSes KSEI, investor dapat melakukan inquiry (balance, movement, instruction), history dan activity atas Efek yang dimilikinya dalam 30 hari terakhir.

6. Bagaimana cara melakukan konsolidasi data?

  1. Lengkapi data investor pada formulir Crosslink Request yang diperoleh dengan cara sebagai berikut:
    1. Ketik link http://akses.ksei.co.id pada tampilan Internet Explorer.
    2. Klik logo AKSes yang ada di bagian kiri atas atau tulisan Investor Area di bagian kanan atas website.
    3. Login ke Fasilitas AKSes KSEI.
    4. Klik 'Investor Management'-> 'Crosslink Request'.
    5. Input Sub Rekening Efek pada field 'Account ID'.
    6. Klik 'Submit'.
    7. Klik 'Ok' untuk menghilangkan pop-up screen.
    8. Klik 'Get Request Form' untuk mencetak formulir Crosslink Request.
  2. Serahkan formulir yang telah dilengkapi tersebut, berikut bukti identitas diri investor (KTP/NPWP/Paspor), kepada Perusahaan Efek atau Bank Kustodian tempat investor menjadi nasabah dan mengelola Sub Rekening Efek yang akan dikonsolidasikan.
  3. Setelah melakukan verifikasi data, Perusahaan Efek atau Bank Kustodian tersebut akan menginformasikan kepada investor apabila permohonan konsolidasi data Sub Rekening Efek investor telah disetujui.
  4. Investor selanjutnya dapat melakukan konsolidasi data Sub Rekening Efek yang dimiliki pada beberapa PE atau BK dengan melakukan login menggunakan 1 (satu) User ID.

Investor cukup memiliki 1 (satu) Investor ID yang dapat digunakan untuk konsolidasi data atas portofolio investor yang disimpan pada Sub Rekening Efek di beberapa Perusahaan Efek atau Bank Kustodian

7. Saya ingin menanyakan mengenai AKSes, Telepon/email yang dapat saya hubungi?

Call Center (+62 21) 515 2855
Toll Free 0800 186 5734
Email : akses@ksei.co.id

8. Bagaimana caranya mengetahui status permintaan Kartu AKSes saya?

Bapak/Ibu dapat menghubungi Call Center/Email AKSes dengan menyebutkan:

  1. Nama Bapak/Ibu
  2. No KTP
  3. Alamat
  4. No Sub Rekening KSEI

Data tersebut Bapak/Ibu telah input pada saat melakukan pendaftaran Fasilitas AKSes.

9. Bagaimana bila paket Kartu AKSes yang saya terima dari Perusahaan Sekuritas tidak dilengkapi dengan PIN Mailer (PIN Code)?

Bapak/Ibu dapat menghubungi Sekuritas dimana Bapak/Ibu terdaftar agar mengajukan permintaan cetak ulang PIN Mailer (PIN Code) atas nama Bapak/Ibu kepada KSEI. Berdasarkan permintaan ini, KSEI akan mencetak PIN Mailer atas nama Bapak/Ibu.

10. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kartu AKSes?

Proses Pembuatan Fasiltas AKSes (Kartu+PIN Mailer) sekitar 3 hari kerja. Permintaan Fasiltas Kartu AKSes Investor yang telah diapprove oleh Sekuritas akan segera dilakukan pencetakan Kartu dan PIN Mailer AKSes, kemudian akan dikirim kepada Sekuritas Pusat.

11. User ID saya terblock/,apa yang harus saya lakukan?

Bapak/Ibu dapat melakukan langkah berikut :

  1. Masuk ke http://akses.ksei.co.id
  2. pada pojok kiri atas, klik logo AKSes.
  3. bapak akan diredirect ke https://investor.ksei.co.id.
  4. pilih menu forgot your password, akan tampil form isian yang bapak harus isi sesuai dengan data yang telah didaftarkan.
  5. Isian terdiri atas :
    - Investor ID (13+2 digit)
    - Date of birth (dd month yyyy)
    - Masukkan kombinasi huruf/angka (case sensitive).

Jika Bapak/Ibu telah mengisi dengan benar, akan dikirim link Reset Password ke Email Bapak/Ibu. Mohon dipastikan inbox email Bapak/Ibu tidak Penuh atau jika sudah melakukan Reset Password namun belum mendapat email balasan, mohon di check juga folder spam pada email Bapak/Ibu

12. Saya lupa User ID/Password untuk login,apa yang harus saya lakukan?

Bapak/Ibu dapat melakukan langkah berikut :

  1. Masuk ke http://akses.ksei.co.id
  2. pada pojok kiri atas, klik logo AKSes.
  3. bapak akan diredirect ke https://investor.ksei.co.id.
  4. pilih menu forgot your password.
  5. akan tampil form isian yang bapak harus isi sesuai dengan data yang telah didaftarkan.
    Isian terdiri atas :
    - Investor ID (13+2 digit)
    - Date of birth (dd month yyyy)
    - Masukkan kombinasi huruf/angka (case sensitive).

    Jika Bapak/Ibu telah mengisi dengan benar, akan dikirim link Reset Password ke Email Bapak/Ibu. Mohon dipastikan inbox email Bapak/Ibu tidak Penuh atau jika sudah melakukan Reset Password namun belum mendapat email balasan, mohon di check juga folder spam pada email Bapak/Ibu

13. KTP saya berubah, apa yang harus dilakukan

Bapak/Ibu dapat menghubungi Sekuritas dimana Bapak/Ibu terdaftar agar dapat melakukan update data Bapak/Ibu sesuai dengan kondisi terkini.

14. Saya lupa dengan jawaban Secret Question, apa yang harus saya lakukan?

Bapak/Ibu dapat melakukan langkah berikut :

  1. Masuk ke http://akses.ksei.co.id
  2. Pada pojok kiri atas, klik logo AKSes.
  3. Bapak/Ibu akan diredirect ke https://investor.ksei.co.id.
  4. Masukkan user ID dan Password, klik Login
  5. Akan tampil halaman Secret Question
  6. Pilih menu Forgot Your Secret Question.
  7. akan tampil form isian yang bapak harus isi sesuai dengan data yang telah didaftarkan.
    Isian terdiri atas :
    - Investor ID (13+2 digit)
    - Date of birth (DD MM YYYY)
    - Masukkan kombinasi huruf/angka (case sensitive).

    Jika Bapak/Ibu telah mengisi dengan benar, akan dikirim link Reset Secret Question ke Email Bapak/Ibu. Mohon dipastikan inbox email Bapak/Ibu tidak Penuh atau jika sudah melakukan Reset Secret Question namun belum mendapat email balasan, mohon di check juga folder spam pada email Bapak/Ibu