Symbol/Company Lookup

KSEI Research 14 Juni 2010

Published: Mon, Jun 14th 2010, 00:00 by: Kustodian Sentral Efek Indonesia

IHSG berhasil menguat pada perdagangan akhir pekan kemarin. IHSG naik 1.12% mengikuti penguatan indeks regional. Kenaikan terjadi di semua sektor saham. Yang memimpin penguatan IHSG adalah saham-saham sektor industri dasar dengan kenaikan 2.05% dan saham-saham sektor konsumsi dengan kenaikan 1.44%.

Selama seminggu terakhir, IHSG bergerak sideways dengan pelemahan 0.76%. Nilai transaksi IHSG pada akhir pekan lalu hanya mencapai Rp 2,9 triliun. Dibandingkan dengan minggu sebelumnya nilai transaksi IHSG mengalami penurunan. Pada minggu kemarin rata-rata nilai transaksi IHSG hanya mencapai Rp 2,8 triliun, menurun dibanding minggu sebelumnya yang rata-rata nilai transaksi  mencapai Rp 4,3 triliun.

Begitu pula dengan volume perdagangan, pada minggu lalu secara rata-rata hanya mencapai 4,7 milyar lembar saham, menurun dibanding minggu sebelumnya yang secara rata-rata mencapai 7,5 milyar lembar saham.

Dari Wall Street, indeks Dow Jones kembali menguat dengan kenaikan tipis 0.38%. Selama seminggu terakhir, Dow Jones mengalami kenaikan 2.51% berkebalikan dengan IHSG yang turun 0.76%. Volume perdagangan di Wall Street relatif tidak mengalami perubahan seperti yang terjadi di Indonesia. Volume perdagangan minggu kemarin secara rata-rata sebesar 5,3 milyar lembar saham, sedangkan minggu sebelumnya juga secara rata-rata sebesar 5,3 milyar lembar saham.

Sementara itu harga minyak mentah dunia kembali merosot dan berada pada level US$ 73.78 per barel. Sedangkan harga emas dunia terus mengalami kenaikan dan berada pada level US$ 1,228.9 troy ounce.

Pekan ini IHSG masih akan bergerak sideways karena kurangnya sentimen penggerak dari dalam negeri. Pergerakan dari indeks regional akan membuat IHSG cenderung menguat. Wall Street sendiri pada pecan ini akan mengeluarkan berbagai data penting yang dapat mempengaruhi pergerakan Dow Jones yang tentu saja berimbas pada pergerakan indeks dunia. Data yang akan dikeluarkan oleh pemerintah Amerika mengenai perkembangan pertumbuhan sektor perumahan, angka inflasi di Amerika, dan produksi sektor industri.

Pada hari ini IHSG berpeluang menguat mengikuti penguatan indeks regional yang dibuka di jalur positif. Indeks Nikkei dibuka naik 1.63%, begitu pula dengan indeks Kospi dibuka naik 1.12%.

-AKP-

Comments

You need to login first before you can start posting comments.