Apa beda Kartu AKSes dengan Kartu ASKES ?

Published: Fri, Jun 24th 2011, 00:00 by: Kustodian Sentral Efek Indonesia

  • Setiap kali masyarakat mendengar mengenai Kartu AKSes, seringkali timbul pertanyaan apakah yang dimaksud adalah Kartu ASKES atau pertanyaan mengenai apa bedanya Kartu AKSes dengan Kartu ASKES
  • Walaupun memiliki fungsi yang sama sekali berbeda dan dikeluarkan oleh institusi yang berbeda, Kartu AKSes memiliki semangat yang sama dengan kartu asuransi kesehatan (AKSES) yang dikenal masyarakat, yaitu sama-sama sebagai ‘asuransi’.
  • Asuransi dapat kita katakan sebagai suatu hal yang perlu kita miliki, namun kita sebenarnya tidak berharap untuk suatu saat sampai menggunakannya. Kita terbiasa untuk mengasuransikan kendaraan kita, tapi tentunya tidak berharap kendaraan kita mengalami kecelakaan. Demikian juga dengan asuransi kesehatan, kita perlu memilikinya tapi tentunya kita tidak berharap untuk menjadi sakit.
  • Dengan memiliki asuransi, kita tentunya berharap untuk dapat merasa nyaman. Asuransi tentunya tidak dapat mencegah musibah bila misalnya kendaraan kita rusak atau misalnya kita jatuh sakit. Namun dengan memiliki asuransi, bila musibah datang maka kita dapat membatasi kerugian yang harus kita tanggung sehingga kita merasa lebih nyaman untuk berkendara, beraktifitas dan lain-lain.
  • Demikian juga halnya dengan Kartu AKSes, investor dapat memonitor secara langsung data di KSEI untuk memastikan bahwa memang Efeknya berupa saham, obligasi dan lain-lain memang benar aman tersimpan dan tidak disalahgunakan pihak yang tidak bertangungjawab.
  • Secara psikologis, pengawasan oleh investor ini diharapkan dapat mencegah niat-niat jahat pihak-pihak yang ingin melakukan penyalahgunaan. Apakah dengan memiliki Kartu AKSes maka penyalahgunaan Efek milik investor dapat sepenuhnya dapat dihilangkan? Tentunya Kartu AKSes tidak dapat sepenuhnya menjamin hal tersebut, sama seperti asuransi kendaraan tidak dapat mencegah kemungkinan terjadinya musibah. Namun demikian diharapkan dengan aktifnya investor menggunakan hak-nya atas Kartu AKSes, maka penyelahgunaan dapat lebih cepat diketahui dan dilaporkan sehingga kerugian yang terjadi belum terlanjur sangat besar nilainya dan belum terlalu banyak pihak yang dirugikan.

Comments

You need to login first before you can start posting comments.