Berita Pers: Kartu AKSes Wujud Perlindungan Investor

Published: Wed, Jun 22nd 2011, 00:00 by: Kustodian Sentral Efek Indonesia

Makassar, 22 Juni 2011 – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melanjutkan kegiatan Sosialisasi Kartu AKSes skala lokal dalam rangka meningkatkan kepemilikan dan penggunaan Kartu AKSes. Setelah mengunjungi beberapa kota sejak awal tahun 2011, kini kota Makassar yang menjadi kota penutup sosialisasi KSEI 2011. Acara yang dilaksanakan pada Rabu (22/6) dan bertempat di Hotel Clarion Makassar ini, menghadirkan Direktur Utama KSEI, Ananta Wiyogo sebagai pembicara utama dengan didampingi oleh Muhammad Alfatih (Praktisi Pasar Modal), dan Adrian Maulana (Duta Kartu AKSes).

 KSEI mensosialisasikan kewajiban Perusahaan Efek untuk memberikan akses informasi memungkinkan nasabahnya memonitor mutasi dan saldo atas Efek dan dana yang dimilikinya secara langsung di Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, dalam hal ini pemberian Kartu AKSes kepada nasabahnya. Disamping itu, kepada investor disampaikan mengenai fungsi, manfaat, kepemilikan, dan penggunaan Kartu AKSes sebagai Identitas Tunggal Investor (Single Investor ID). Kewajiban tersebut adalah sesuai dengan ketentuan yang diisyaratkan dalam Peraturan Bapepam-LK No. V.D.4 yang diterbikan pada tanggal 28 Desember 2010. 

Menanggapi terbitnya Peraturan Bapepam-LK No. V.D.4, Ananta Wiyogo menganggapnya sebagai keuntungan bagi investor. “Kini investor semakin nyaman untuk melakukan transaksinya di pasar modal Indonesia. Perlindungan keamanan data investor telah didukung penuh oleh otoritas pasar modal Indonesia, Bapepam-LK dan kami yakin bahwa Perusahaan Efek akan sangat kooperatif membantu pembuatan Kartu AKSes untuk nasabahnya.” jelas Ananta. 

“Target KSEI terdahulu tentang peningkatan jumlah kepemilikan Kartu AKSes sudah tidak relevan lagi. Kami mengharapkan investor pasar modal Indonesia untuk semakin memberdayakan Kartu AKSes yang dimilikinya dengan melakukan login dan secara aktif melakukan pengecekan portofolio Efek secara berkala sebagai langkah deteksi dini untuk mencegah penyalahgunaaan portofolio Efek dan dana oleh pihak yang tidak berwenang.” tambah Ananta saat menjelaskan tujuan sosialisasi Kartu AKSes pada tahun 2011. 

Muhammad Al Fatih selaku praktisi pasar modal yang juga Senior Analis Teknikal dari Asosiasi Analisis Teknikal Indonesia (AATI) menyampaikan, “Agar berinvestasi di pasar modal nyaman, perusahaan sekuritas kini diwajibkan untuk memberikan Kartu AKSes kepada nasabahnya. Maka investor tidak perlu khawatir lagi mengenai penggunaan dananya atau kepemilikan sahamnya karena dapat memonitornya secara langsung. Oleh karena itu, investor disarankan untuk memanfaatkan fasilitas ini secara baik- baik dan mengecek portofolionya secara regular. Untuk itu mari kita sama-sama membangun pasar modal yang transparan, profesional dan berkualitas. 

Selain itu, Duta Kartu AKSes, Adrian Maulana, juga menambahkan mengapa investor harus menggunakan Kartu AKSes-nya. “Dengan Kartu AKSes, investor tidak lagi harus bergantung pada laporan yang dikeluarkan Perusahaan Efek. Investor dapat melakukan pengawasan secara mandiri dengan melakukan pengecekan secara berkala melalui Kartu AKSes. Fasilitas ini menyediakan catatan transaksi dan mutasi portofolio Efek yang tersimpan dalam sub Rekening KSEI selama 30 hari terakhir. Saat ini dana tunai pun sudah dapat dicek melalui Kartu AKSes,” tutur Adrian. 

“Selain itu, KSEI terus berupaya melakukan inovasi yang mempermudah penggunaan Kartu AKSes melalui perangkat teknologi yang dimiliki investor, misalnya fitur AKSes Mobile yang dapat digunakan di perangkat BlackBerry.” lanjut Adrian mengomentari inovasi-inovasi yang dilakukan KSEI. 

Informasi resmi telah tersedianya aplikasi AKSes Mobile ini disampaikan Ananta Wiyogo di kota Makassar sebagai kota penutup rangkaian program sosialisasi tahun pertama Kartu AKSes. Aplikasi AKSes Mobile untuk Blackberry dapat diunduh oleh investor melalui:

  1. http://akses.ksei.co.id/bb/keypad/AKSes9700.jad bagi investor yang menggunakan tipe Bold/Onyx/Javelin; atau
  2. http://akses.ksei.co.id/bb/touchscreen/AKSes9500.jad bagi investor yang menggunakan Torch/Storm/Storm2. 

“Selain melalui perangkat Blackberry, aplikasi AKSes Mobile ini juga akan segera diluncurkan untuk dapat digunakan pada platform perangkat mobile lainnya Android, Symbian maupun Mac iOS,” pungkas Ananta. 

Seiring dengan target pencapaian 100% kepemilikan Kartu AKSes pada 2011, yang merupakan konsekuensi penerapan Peraturan Bapepam-LK No. V.D.4, KSEI berharap untuk meningkatkan penggunaan Kartu AKSes. Sejak awal 2011, Makassar mengalami peningkatan kepemilikan Kartu AKSes sebesar 78%, dan mengalami kenaikan penggunaan Kartu AKSes sebanyak 41%. KSEI mengharapkan sosialisasi yang yang ditujukan langsung kepada investor akan meningkatkan angka kepemilikan dan penggunaan Kartu AKSes secara signifikan. Lebih jauh, KSEI berharap agar Perusahaan Efek mengambil peran lebih besar untuk mensosialisasikan Kartu AKSes. 

Per 17 Juni 2011, investor Makassar yang tercatat memiliki Sub Rekening Efek dan sudah dibuatkan Single Investor ID adalah 1.891 investor. Dari jumlah tersebut, sejumlah 662 telah memiliki Kartu AKSes, namun yang sudah memanfaatkan untuk login baru 116 investor. Walaupun baru mencapai 35%, kota Makassar berada di urutan 1 dari jumlah kepemilikan Kartu AKSes di Sulawesi. Hal ini tidak lepas dari keberadaan 12 Perusahaan Efek yang beroperasi di Makassar, yang menjadikan Provinsi Sulawesi Selatan saat ini menduduki peringkat 12 kepemilikan Kartu AKSes dalam skala propinsi. 

Kartu AKSes merupakan wujud perlindungan investor yang memberikan citra positif terhadap industri pasar modal Indonesia. Sebagai sebuah rintisan Single Investor ID, Kartu AKSes yang diterbitkan oleh KSEI diharapkan menjadi langkah awal untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi terciptanya kepercayaan investor untuk lebih giat berinvestasi di pasar modal Indonesia. Untuk informasi dan pengaduan seputar Kartu AKSes dapat menghubungi Call Center (021) 515.2855, Toll Free 0800.186.5734 atau melalui email: akses@ksei.co.id.

*****

Informasi lebih lanjut,

silahkan menghubungi:

Bagian Komunikasi Perusahaan

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia

Media Contact: Zylvia Thirda

Phone. (021) 5299 1062

Fax. (021) 5299 1199

Untuk Informasi mengenai data,

silahkan menghubungi :

Prasasta Reputation Management

Media Contact: Delen

Phone : 085 88 555 0953

Comments

You need to login first before you can start posting comments.