Investor berhak memperoleh fasilitas AKSes

Published: Mon, Mar 29th 2010, 00:00 by: Kustodian Sentral Efek Indonesia

Sebagai bagian dari program Road Show Mall to Mall Pasar Modal, KSEI kembali menyampaikan sosialiasi fasilitas AKSes secara langsung kepada investor di Tujungan Plaza Surabaya, Jumat 26 Maret 2010.

Kesan pertama yang ditangkap dari investor mengenai AKSes adalah masih banyak yang belum tahu akan adanya fasilitas ini, selain juga kurangnya informasi mengenai cara untuk mendapatkan fasilitas ini. Memang dalam penerapannya hingga saat ini baru ada sekitar sebelas ribu investor yang tercatat telah mendaftarkan diri untuk fasilitas AKSes. Hal ini tentu sangat jauh dari harapan karena di sistem KSEI sendiri saat ini tercatat ada lebih dari 350 ribu Sub Rekening Efek.

Kesadaran investor untuk menggunakan haknya atas fasilitas AKSes tentunya sangat diharapkan, namun peran serta dari para pelaku di industri pasar modal Indonesia juga tidak kalah penting. Sebagai SRO, ada keterbatasan KSEI dalam menjangkau secara langsung investor di pasar modal Indonesia. Secara struktural, investor memang tidak berhubungan langsung dengan KSEI tetapi melalui Perusahaan Efek atau Bank Kustodian. Dalam posisi seperti ini KSEI hanya dapat menghimbau agar Perusahaan Efek dan Bank Kustodian dapat membantu investor yang ingin mendapatkan fasilitas ini.

Sesuai surat Bapepam-LK No.: S-4882/BL/2009 tanggal 8 Juni 2009, Perusahaan Efek atau Bank Kustodian harus memenuhi permohonan investor untuk memperoleh Fasilitas AKSes KSEI. Salah satu masukan yang cukup mengejutkan saat road show minggu lalu adalah adanya informasi dari investor bahwa permohonannya sudah berbulan-bulan tidak dipenuhi oleh sekuritasnya, dan ternyata setelah dicek di KSEI permohonan tersebut sebenarnya sudah diproses oleh KSEI. (SFD)