Mengakses Informasi Corporate Action di AKSes

Published: Wed, Aug 18th 2010, 00:00 by: Kustodian Sentral Efek Indonesia

AKSes selama ini dikenal sebagai fasilitas untuk mengakses informasi kepemilikan Efek serta mutasinya dalam Sub Rekening Efek yang disimpan di sistem KSEI (C-BEST) hingga 30 hari terakhir. Ada satu lagi fasilitas yang dapat dipergunakan oleh pemilik kartu AKSes yaitu informasi Corporate Action. Informasi ini dapat ditemukan di menu Inquiry - Corporate Action.

Pada menu ini Investor dapat melihat semua kegiatan Corporate Action yang akan terjadi pada Efek yang dimilikinya. Investor juga akan memperoleh perhitungan mengenai Corporate Action yang akan diterimanya. Misalkan untuk Efek Obligasi atau ORI yang dimiliki, Investor bisa mengetahui berapa jumlah kupon yang akan diterimanya setelah dipotong pajak.

Dengan melihat CA Detail, Investor bisa mengetahui berbagai informasi mengenai Corporate Action yang akan terjadi untuk efek yang dimilikinya, yaitu:

  1. Type CA, tipe Corporate Action yang terjadi untuk Efeknya.
  2. Cum Date, tanggal yang menunjukkan bahwa sampai dengan tanggal tersebut perdagangan atas suatu Efek masih memiliki hak untuk mendapatkan Corporate Action.
  3. Recording Date, tanggal yang merupakan tanggal terakhir dari pendaftaran atas pemilikan Efek dalam Daftar Pemegang Efek.
  4. Efective Date, tanggal penyerahan hak Corporate Action kepada Investor.
  5. Security Code, kode Efek yang terkena Corporate Action.
  6. CA Description, deskripsi mengenai Corporate Action.
  7. Balance, saldo Efek yang dimiliki.
  8. Amount Gross, jumlah hak Corporate Action yang akan diterima sebelum dipotong pajak.
  9. Amount Tax, jumlah pajak yang dikenakan atas hak Corporate Action yang diterima.
  10. Amount Nett, jumlah hak Corporate Action yang akan diterima setelah dipotong pajak.

Dengan adanya informasi Corporate Action di fasilitas kartu AKSes ini, Investor tidak perlu repot lagi mencari tahu informasi Corporate Action di tempat lain. Investor juga tidak perlu repot lagi menghitung berapa jumlah hak Corporate Action yang akan diterimanya

-AKP-