Mengakses Informasi Kepemilikan ORI dan Sukuk Ritel Melalui AKSes

Published: Mon, Mar 29th 2010, 00:00 by: Kustodian Sentral Efek Indonesia

AKSes1

AKSes merupakan fasilitas yang diterbitkan oleh KSEI agar Investor bisa melihat sendiri saldo efeknya yang ada di KSEI. Selain melakukan pengecekan saldo efek, dalam AKSes ini Investor bisa melakukan pengecekan movement atau perpindahan efeknya selama 30 hari terakhir. Mekanisme ini akan memperkecil kemungkinan adanya perpindahan efek Investor tanpa sepengatuhan Investor. Setiap Investor yang telah mendaftar ke AKSes akan memiliki Investor ID (seperti no KTP untuk investor pasar modal Indonesia)

Tidak hanya efek berupa saham dan obligasi, Investor ORI ataupun Sukuk Ritel juga dapat mengakses informasi kepemilikannya melalui fasilitas AKSes ini sepanjang ORI dan Sukuk Ritelnya tersimpan di KSEI. Meskipun ORI ataupun Sukuk Ritel yang dimiliki hanya Rp 5 juta, Investor masih tetap dapat melihat saldo ORI atau Sukuk Ritelnya tersebut melalui AKSes.

                                                   ORI   Sukuk ritel

 

Untuk mendapatkan akses ke dalam AKSes ini, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh Investor :

  • Klik logo AKSes pada bagian kiri atas halaman ini, atau link Investor Area pada bagian kanan atas.
  • Silahkan daftarkan diri ke menu ‘New Investor? Please Give your details’. Sebelum mendaftarkan diri melalui web tersebut Investor harus mengetahui terlebih dahulu nomor sub rekeningnya, bisa ditanyakan ke brokernya.
  • Setelah mengisi semua data, Investor dapat  mencetak formulir yang telah diisi dan membawa formulir tersebut ke brokernya. Broker akan melakukan proses verifikasi dan validasi data sebelum melakukan persetujuan.
  • Setelah dilakukan persetujuan KSEI akan mengeluarkan Investor ID dan pincode. Pincode akan diterima dalam bentuk  pin mailer (seperti amplop berisi pin atm dari Bank). Perlu waktu kurang lebih 1 minggu sebelum investor memperoleh pin mailer tersebut. Investor juga akan menerima ID Card berisi Investor ID dan Nama Investor sebagai pengingat. ID Card akan diterima kurang lebih setalah 2 minggu. Pin mailer dan ID Card ini akan diserahkan KSEI ke broker, dan akan diteruskan ke Investor.

Card

Untuk Investor ORI dan Sukuk Ritel dapat menanyakan kepada Agen Penjual (tempat Investor melakukan pembelian ORI atau Sukuk Ritel) melalui broker atau bank kustodian mana  ORI dan Sukuk Ritelnya tersimpan di KSEI. Investor dapat memperoleh no sub rekening tempat penyimpanan ORI atau Sukuk Ritelnya di KSEI melalui broker atau bank kustodian tersebut. Investor juga dapat melihat no sub rekening tersebut melalui lembar konfirmasi kepemilikan ORI atau Sukuk Ritel yang diberikan agen penjual (lembar kepemilikan ini dikirimkan KSEI melalui agen penjual).

Tiap investor berhak memperoleh fasilitas AKSes KSEI melalui perusahaan efek (broker) atau bank kustodian. Hal itu bertujuan untuk perlindungan investor dan transparansi informasi bagi investor sebagai nasabah pemegang rekening KSEI.

-AKP-