Ragam Hak Akses Pada Fasilitas AKSes

Published: Fri, Mar 26th 2010, 09:25 by: Kustodian Sentral Efek Indonesia

Sebagai website yang dikembangkan untuk memberikan berbagai informasi terkait pasar modal kepada masyarakat investor di pasar modal Indonesia, secara umum hak akses pada fasilitas AKSes dibagi menjadi tiga :

  1. Akses Umum, memberikan informasi kepada pengujung website AKSes tanpa memerlukan identifikasi khusus. Semua informasi yang bersifat umum dapat dilihat dan beberapa pilihan informasi dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.
  2. Akses Terdaftar, memberikan informasi kepada pengujung website AKSes dengan syarat pendaftaran data pengunjung. Informasi yang dapat dapat dilihat pada dasarnya sama dengan informasi yang diperoleh melalui akses umum, namun setting  yang telah dilakukan sesuai kebutuhan pengunjung akan tersimpan sehingga tidak perlu dilakukan penyesuaian ulang saat pengunjung kembali login ke fasilitas AKSes. Pendaftaran akses terdaftar cukup mudah dilakukan, yaitu melalui menu Visitor Login.
  3. Akses data kepemilikan Efek, memberikan informasi data kepemilikan Efek yang tercatat di KSEI. Fasilitas ini memungkinkan investor untuk mencek kebenaran catatan Efek miliknya, meliputi saldo dan mutasi Efek, untuk memastikan bahwa Efek miliknya aman tersimpan di KSEI dan dikelola dengan amanah oleh Perusahaan Efek atau Bank Kustodian dimana investor menjadi nasabah. Permohonan akses data kepemilikan dapat dilakukan dengan klik logo AKSes atau menu Investor Area pada bagian kanan atas halaman ini.

Khusus untuk akses data kepemilikan Efek, saat ini dalam database KSEI tercatat cukup banyak permohonan yang belum ditindaklanjuti, yang meliputi :

Data permohonan yang belum diproses atau disetujui oleh Perusahaan Efek atau Bank Kustodian

Sesuai panduan yang telah disampaikan dalam brosur atau di menu FAQ, pada prinsipnya form permohonan yang sudah diisi melalui website ini harus dicetak dan dibawa ke Perusahaan Efek atau Bank Kustodian terkait untuk mendapatkan persetujuan. Bila hal tersebut belum dilakukan oleh investor sebagai nasabah Perusahaan Efek atau Bank Kustodian, tentunya permohonan tersebut belum dapat diproses untuk disetujui. KSEI menghimbau agar investor segera menghubungi Perusahaan Efek atau Bank Kustodian terkait setelah melakukan input permohonan. Pada prinsipnya Perusahaan Efek dan Bank Kustodian wajib memberikan akses atas fasilitas AKSes bila diminta oleh nasabahnya.

Bila ada kesulitan dan pertanyaan terkait prosesnya, investor dapat menghubungi call center KSEI di nomor 021-515-2855 atau Toll Free 0800-186-5784.

Data permohonan yang telah disetujui namun investor belum pernah login

Setelah permohonan disetujui oleh Perusahaan Efek atau Bank Kustodian, KSEI akan mencetak kartu AKSes dan pin code untuk diberikan kepada pemohon sebagai data awal untuk dapat login dan mengakses data kepemilikan Efek di KSEI. Penyampaian kartu AKSes dan pin code ini dilakukan melalui masing-masing Perusahaan Efek atau Bank Kustodian. Bila investor belum dapat login karena belum menerima kartu AKSes dan pin code, dapat ditanyakan kepada Perusahaan Efek atau Bank Kustodian masing-masing bilamana kartu AKSes dan pin code tersebut dapat diterima. Bila investor telah menerima kartu AKSes dan pin code namun menemui kesulitan dalam menggunakan untuk login, investor dapat menghubungi call center KSEI di nomor 021-515-2855 atau Toll Free 0800-186-5784.

Fasilitas AKSes bukan merupakan hal yang diwajibkan bagi investor. Fasilitas bebas biaya ini diberikan agar investor dapat berpartisipasi aktif untuk melindungi Efek-nya yang tercatat di KSEI. Semua investor berhak untuk memperoleh fasilitas ini, KSEI menghimbau agar investor dapat menggunakan hak ini dengan sebaik-baiknya. (SFD)