Transformasi AKSes

Published: Fri, Jul 23rd 2010, 00:00 by: Kustodian Sentral Efek Indonesia

Sudah lebih dari 1 tahun yang lalu Fasilitas yang bertujuan memberikan transparansi informasi bagi Investor di Pasar modal ini diluncurkan ke publik. Fasilitas yang tepatnya diluncurkan pada 18 Juni 2009 ini telah beberapa kali mengalami transformasi. Hal ini dilakukan demi meningkatkan imagenya di mata publik.

Ketika pertama kali diluncurkan, fasilitas ini bernama 'Investor Area' dengan desain kartu sebagai berikut :

Selama memakai nama Investor Area jumlah Investor yang mendaftar sebanyak 8,274 dalam waktu 6 bulan.

Pada tanggal 23 Desember 2009, Fasilitas Investor Area berganti nama menjadi 'Fasilitas  AKSes '.  AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) memiliki desain kartu sebagai berikut :

Selama memakai nama Fasilitas  AKSes jumlah Investor yang mendaftar sebanyak 5,323 dalam waktu 6 bulan.

Pada tanggal 24 Juni 2010, Fasilitas AKSes berganti nama menjadi 'Kartu  AKSes '. Pergantian nama dilakukan terkait serangkaian program sosialisasi untuk investor di beberapa wilayah Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Medan. Kartu  AKSes memiliki desain kartu sebagai berikut :

Selama memakai nama Kartu AKSes Hingga hari ini tanggal 23 Juli 2010, jumlah Investor yang mendaftar sebanyak 9,828 dalam waktu kurang dari 1 bulan.

Bagi para Investor yang telah mendaftar sebelum 24 Juni 2010 dapat melakukan pergantian atau penukaran Kartu AKSes dengan desain lama, menjadi Kartu AKSes dengan desain baru. KSEI secara otomatis akan mencetakkan Kartu AKSes dengan desain baru bagi Investor yang telah aktif menggunakan website akses.ksei.co.id (indikatornya adalah sudah pernah login), yang jumlahnya sekitar 4.545 kartu dan merupakan nasabah dari 110 AB/Anggota Bursa dan BK /Bank Kustodian (detailnya 101 AB dan 9 BK).

KSEI akan mengirimkan Kartu AKSes dengan desain baru secara langsung kepada Investor bila telah mendapatkan persetujuan dari AB dan BK tempat Investor mendaftar. Jika AB dan BK tidak memberikan persetujuan, KSEI tetap akan mengirimkan Kartu AKSes dengan desain baru tersebut, tetapi melalui AB dan BK (tidak langsung kepada Investor).

Bagi Investor yang telah mendaftar sebelum 24 Juni 2010, segera aktifkan keanggotan Anda di website akses.ksei.co.id, agar mendapatkan Kartu AKSes dengan desain baru.

-AKP-